BACK TO POSTS
Berita Media

Wapres Tekankan Pentingnya Peranan Kampus Lahirkan SDM Ekonomi dan Keuangan Syariah

adminshafiec
/
March 16, 2021
1 min

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pentingnya peranan kampus dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Pasalnya, kata dia, kekurangan SDM juga merupakan salah satu tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah itu.

“Peran kampus sangat penting dalam melahirkan SDM yang andal di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” kata Ma’ruf saat membuka acara peresmian SHAFIEC, Center for Sharia Finance and Digital Economy Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Jumat (12/3/2021).

Oleh karena itu, ia pun berharap agar kurikulum di perguruan tinggi dapat menyesuaikan kebutuhan industri tersebut. Sebab, kata dia, selama ini pemenuhan kebutuhan SDM syariah dipenuhi oleh yang berlatar belakang umum melalui berbagai pelatihan.

“Ke depan, seiring ekonomi dan keuangan syariah yang terus berkembang, maka menciptakan SDM yang benar-benar ahli di bidang ini merupakan suatu kebutuhan,” kata dia

Selain SDM, tantangan lainnya yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah pengembangan halal value chain dan digitalisasi.

Ma’ruf mengatakan, ketiga tantangan tersebut harus diselesaikan agar ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air dapat bersaing secara global

Post navigation

Written by

adminshafiec