BACK TO POSTS
Berita Media

Santri dan Gen Z Diajak Berani Berinvestasi Syariah

adminshafiec
/
January 5, 2023
2 mins

RADAR JOGJA – Potensi keuangan syariah di Indonesia masih sangat besar. Namun investasi di lini keuangan syariah belum banyak dilirik oleh kalangan generasi muda. Termasuk mahasiswa dan santri di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

Hal itu yang melatarbelakangi penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogjakarta, Jumat (2/9). Fokusnya adalah edukasi tentang keuangan syariah dan berbagai ragam investasinya.

“Akan disosialisasikan ke generasi milenial dan gen Z di kalangan NU. Mereka akan diajak untuk tidak ragu-ragu berinvestasi syariah melalui portofolio yang tepat dan berguna bagi masa depan. Selain itu, santri dan mahasiswa diharapkan tak menjadi korban atas investasi yang tak bertanggung jawab,” jelas Rektor UNU Jogjakarta Widya Priyahita Pudjibudojo, Jumat (2/9).

Widya mengatakan bahwa saat ini keuangan syariah tumbuh sangat pesat. Disatu sisi anak-anak muda, baik itu santri maupun mahasiswa, dipandang belum banyak ambil bagian. Untuk itu, pihaknya bersama BEI tergerak untuk ikut mengupayakan literasi keuangan syariah bagi generasi muda.

Widya memandang BEI sebagai mitra yang strategis. Terutama dalam mengembangkan keuangan syariah. Ditambah pula dengan upaya edukasi dengan beragam pendekatan.

“Semoga inisiasi joint program dan penandatanganan MoU pada pagi hari ini dapat menjadi awal kolaborasi yang produktif antara Shafiec UNU Jogjakarta dengan BEI dalam memajukan keuangan syariah di Indonesia,” kata Widya.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan penandatanganan MoU merupakan momen penting dalam industri pasar modal Indonesia. Kedua instansi sepakat untuk bersama-sama mengembangkan dan memajukan pasar modal syariah Indonesia.

Jeffrey menyatakan UNU Jogjakarta berperan sebagai penghubung. Terutama dengan perguruan tinggi NU lainnya di Indonesia. Dengan demikian, ia berharap investasi syariah dapat menjangkau secara lebih luas di kalangan santri dan mahasiswa NU.

“Sebagaimana yang tertuang dalam MoU tersebut, bersama dengan UNU Jogjakarta, kami berharap gaung semangat investasi di pasar modal syariah Indonesia semakin terdengar di masyarakat, khususnya bagi kaum Nahdliyin yang jumlahnya sangat besar dan tersebar di Indonesia,” ujar Jeffrey.

Kegiatan ini juga dikemas dalam talkshow bertajuk Santri Berani Berinvestasi: Cerdas Menyiasati Masa Depan yang Lebih Happy. Adapula kampanye digit penyebarluasan informasi tentang keuangan syariah di media sosial. (Dwi)

Sumber:

https://radarjogja.jawapos.com/pendidikan/2022/09/02/santri-dan-gen-z-diajak-berani-berinvestasi-syariah/

Post navigation

Written by

adminshafiec